Kamis, 10 Januari 2008

jalan-jalan di Iran

Gosipnya di Iran berbahaya, terancam perang, terisolir dan aneka gosip serem lain. Tapi ternyata ngga terbukti tuh gosipnya. jalan-jalan tetap rame biar udah malam, apalagi pasarnya, wuah penuh banget. Tentara yang berkeliaran bisa dihitung pake jari.

Aku ke Tehran November lalu. Dingin banget diluar, tapi sumpek dalam hotel. Sempet komplain di hotel karena AC nya ngga dingin, ternyata emang cuma bisa buat pemanas ! hiks....
Di Tehran, obyek wisata banyak dan sangat terawat. Istana-istana syah Iran yang penuh barang mahal, museum-museum . bisa juga ke Tochal yang letaknya 3600 dpl pake kereta gantung, tempat orang main ski.

Hari berikutnya nyewa mobil ke Esfahan, 427 km dari Tehran. Cuma 5 jam perjalanan ! sepanjang jalan lewat tol yang muluuuuus, dan bayarnya cuma Rp. 1000 - Rp. 3000 saja. Bandingin kalo kita naik mobil ke Semarang yang jaraknya kurang lebih sama. Esfahan penuh dengan obyek yang jauuh lebih menakjubkan. jembatan-jembatan yang dibangun sejak tahun 1407 M, istana dan mesjid-mesjid yang ruarbiasa.

wah kalo mau cerita semua bisa berapa halaman nih. Tapi yang bikin ngiri tuh : kok mereka yang ditekan kiri-kanan dan diisolasi bisa begitu maju. Padahal kalo diitung-itung negara kita juga kaya banget lho. Oh ya, bensin disana cuma 1000 real/ L = Rp 1000/L. He..he.. makin sirik deh.....

Tidak ada komentar: